Pertanyaan:
Asw. Pak Ustadz, saya mau nanya, hukum onani atau masturbasi itu apa sih? Tolong dijawab ya! Terima kasih.

(Gadeh di Mataram)

Jawaban:
Hukum onani dengan tangan adalah haram dan harus dihindari oleh setiap muslim, karena perbuatan itu bertentangan dengan firman Allah Ta’ala:

وَالَّذِيْنَ هُمْ لِفُرُوْجِهِمْ حَافِظُوْنَ, إِلاَّ عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرَ مَلُوْمِيْنَ, فَمَنِ ابْتَغَى وَرَآءَ ذَالِكَ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْعَادُوْنَ

“Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.” (Qs. al-Mukminun: 5–7)

Allah telah menyebutkan, bahwa diantara sifat-sifat dari orang beriman yang beruntung / berbahagia itu ialah yang termaktub dalam Al Qur’an, surat Al Mukminun di atas. Dan karenanya, hukum onani atau masturbasi adalah terlarang dan haram, karena hal tersebut termasuk dalam kategori  “ORANG-ORANG YANG MELAMPAUI BATAS”

Perbuatan itu (onani) menimbulkan banyak bahaya. Semoga Allah senantiasa berkenan untuk membimbing kita semua ke jalan yang diridhoi-Nya.

Wallahu a’lam bishshawab

Sumber: Fatawa Syekh Bin Baz Jilid 1, Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Pustaka at-Tibyan. www.KonsultasiSyariah.com , konsultasisyariah.net