Benarkah Terong Dapat Menyebabkan Lemah Syahwat dan Impotensi?

Bismillah…

Ada pengalaman menarik mengenai terong (terung) ini. Ketika saya nyantri, kami (para santri) seringkali dibuatkan menu masakan terong. Itu dilakukan oleh pihak pesantren karena terong diyakini dapat meredam gejolak nafsu syahwat kami yang menggelora. Berhasilkah? Allahu a’lam, yang pasti, tidak ada perbedaan yang mencolok saat sebelum dan sesudah memakan terong. Seperti yang Anda tahu, efek yang paling terasa adalah rasa kenyang :).

Apakah terong memang dapat menurunkan nafsu syahwat? Lebih jauh lagi, apakah terong menyebabkan impotnesi, lemah syahwat, dan gangguan kejantanan lainnya?

HANYA MITOS

Ternyata semua anggapan itu SALAH. Menurut Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph.D., DSG, ahli gizi dari UI., tidak ada bukti, memakan terong akan menurunkan kemampuan seks pria.

“EFEK SAMPING” Terong yang Sebenarnya

1. Menurunkan Kolesterol
Lanjut Dr. Waluyo, terong yang memiliki zat tertentu, dapat menurunkan kolesterol. Artinya, memakan terong secara bersamaan dengan makanan berkolesterol, malah membuat kolesterol dalam makanan itu menurun. Tetapi, itupun bila terong disajikan dengan cara direbus atau kukus. Karena terong yang diberi bumbu yang dimasak dengan menggoreng, apalagi dimasak dengan santan, maka hilang semua khasiatnya, Yang ada hanya rasa nikmat di lidah.

2. Mencegah Kanker
Terong dapat mencegah kanker, tapi kebanyakan makan terong pun akan mematikan sel-sel, hingga menimbulkan kanker. Tapi orang juga tidak akan makan sebanyak-banyaknya, kata Waluyo.Bahkan, miskinnya sumber kalori pada terong: enerji 17.4 kal, 1.2 gr protein, lemak 0.2 gr, kolesterol 0.0 mg, vitamin (A, B1, B2, B6 dan C) antara 0.0 mg hingga 2.8 mg serta potassium 187.0 mg dan kandungan air 92.5 gr, ternyata membuat terong bisa dipakai untuk memelihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stres, karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu, bisa mengendurkan urat-urat saraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis.

Terong gelatik atau leunca berbentuk bulat kecil-kecil, dipercaya memiliki khasiat untuk berbagai penyakit. Sama halnya dengan terong sayur berwarna ungu yang mudah ditemui, memiliki sejumlah manfaat. Terong yang tergolong dalam tumbuhan jenis solanacea ini, getahnya dapat sebagai obat kutilan (penyakit kulit)

4. Penurun Darah Tinggi
Rebusan air daun dari terong jenis ini juga dapat melancarkan buang air kecil, menyembuhkan sakit perut, batuk, dan mampu pula menurunkan tekanan darah tinggi serta bermanfaat mengurangi jumlah sel darah putih dalam tubuh.

5. Mengurangi Serangan Reumatik
Di Nigeria, buah terong mendapat tempat yang cukup baik di masyarakat. Khasiat lain dari sayur terong yang sering dilalap ini, adalah sebagai zat antirematik. Pengobatan tradisional di Nigeria percaya, bahwa terong dapat menyembuhkan atau setidaknya mengurangi serangan rematik tertentu.

6. Mengurangi Rasa Sakit
Di Korea terong dikenal punya keajaiban untuk mengobati beberapa  gangguan kesehatan Sayuran yang telah dikeringkan, termasuk buahnya, bisa dikonsumsi untuk mengobati sakit pinggang, encok, pinggang terasa kaku, dan nyeri lainnya.

7. Obat Campak dan Cacar
Secara empiris sayuran ini bahkan mampu meng obati campak atau cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan bekas luka bakar.Fungsi lain dari terong adalah sebagai obat anti-kejang yang relatif sulit diketahui dengan pasti kapan terjadi serangannya. Selain itu, di Nigeria, terong juga dipercaya sebagai obat untuk meredam penyakit gugup. Manfaat pengusir kepanikan ini, telah dibuktikan secara ilmiah terhadap marmut dengan menggunakan sari terong mentah.

8. Penghambat Sawan dan Gugup
Terong yang mengandung striknin dan skopolamin, juga skopoletin dan skoparon, berfungsi sebagai penghambat serangan sawan dan gugup. Jadi jelaslah sudah bahwa terong dapat mengobati penyakit epilepsi.

9. Menghalangi Pembentukan Radikal Bebas
Menurut penelitian, nasuin dari kulit terong bekerja sebagai antioksidan yang menghalangi pembentukan radikal bebas, sehingga membantu melindungi kerusakan sel membran dan menurunkan LDL kolesterol.

Demikian beberapa fakta mengenai terong. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Salam Perkasa!

Sumber: doktersehat.com